18.3.11

Wawancara Britney Spears di Rollingstone

Oleh : Steve Knopper dari majalah Rollingstone
17 Maret 2011
Edited & translated by : Edwin

Apakah anak-anak menyukai rekaman Anda?
Ya, mereka menari tapi sedikit bingung, siapa itu Britney Spears? Agak kontras sebagai ibu mereka.

Seberapa besar dirimu dilibatkan dalam rekaman album ini?
Saya selalu berperan besar di setiap album yang pernah saya buat. Saya bersikeras kalau datang ke studio saya hanya akan merekam lagu yang saya inginkan, itulah mengapa proses rekamannya sangat lama. Saya harus merasa menyatu dengan lagu seperti ada sesuatu yang keluar dari diri saya. Sangat sedikit lagu seperti itu. Saya rasa itu proses yang bagus karena saya sangat menyukai semua musik yang saya buat. Saya tahu ada banyak artis yang membenci lagu mereka. Saya tidak merasa seperti itu.

Apa tanggapanmu secara keseluruhan mengenai album ini?
Saya ingin menciptakan album yang bagus dan fresh untuk diputar di klub atau lagu ceria yang orang-orang putar dimobil ketika mereka bepergian dan nongkrong dimalam hari tapi saya membuat musiknya sangat berbeda dari lagu-lagu sekarang ini. Saya juga ingin bereksperimen dengan semua jenis musik yang saya suka yang mana di album ini kamu bisa mendengar campuran pop, hip-hop dan dance

Bagaimana kamu menemukan musik yang baru? Seperti aliran dubstep dilagu “HIAM”?
Saya mendengarkan musik-musik yang berbeda dan saya tertarik dengan lagu yang membuat saya ingin bergerak. Saya tidak mau album ini disalahartikan. Saya rasa 2 single “HIAM” & “TTWE” sangat berbeda dari yang lain dan ketika  fans saya  mendengar keseluruhan album Femme Fatale, mereka akan mendengar setiap lagu sangat fresh!

Apakah anda masih sering pergi ke klub? Musik dance apa yang Anda sukai?
Sekarang saya jarang ke klub tetapi ketika saya kesana, saya hanya ingin nongkrong dan menari. Saya orang yang berjiwa musik makanya saya menyukai lagu yang benar-benar membuat saya jatuh cinta. Saya suka dance musik yang dentumannya keras dengan melodi yang cantik itulah favorit saya.

Jenis musik apa yang sering anda dengarkan di rumah?
Saya suka BEP juga Deadmau5, sekarang ini saya juga mendengarkan lagu-lagu Robyn dan Adele. Saya juga suka mendengarkan lagu dari artis baru yang kurang terkenal. Itu salah satu hal rahasia yang saya sukai. Teman dan orang terdekatku juga mengenalkan artis baru seperti Sabi dan akhirnya kita kolaborasi di lagu ““(Drop Dead) Beautiful.” Saya selalu ingin melibatkan artis baru di album saya dan Sabi benar-benar  keren.

Apa yang mendorong Anda berkolaborasi dengan Will.i.am? Seperti apakah kerjasama dengannya?
Musik BEP sangat asik, pop dance yang lucu dan saya suka gaya will.i.am. Saya selalu ingin membuat lagu dan kerjasama dengannya dikemudian hari, karena dia sangat menarik.

Dr. Luke menjadi produser yang besar di album terbaru anda ini. Apa yang anda rasakan kerjasama dengannya saat ini?
Tidak juga. Kita kenal sudah lama. Orang-orang tidak tahu sebenarnya kita kerjasama sejak album “Blackout”. Dia sangat luar biasa dan sekarang lebih baik.

Dr. Luke bilang “Saya ingin membuat lagu yang keras dan lebih mendalam dengan instrument elektronik”, apakah anda setuju?
Ketika saya duduk membicarakan Femme Fatale, saya ingin membuat musik dance yang sangat berbeda dan unik yang benar-benar saya pilih selama proses rekaman. Album ini sangat berbeda dengan Circus atau album lain yang pernah saya buat. Saya suka album Circus tapi saya ingin membuat album baru saya lebih kelam dan adiktif. Saya tidak sembarangan memasukkan lagu-lagu kedalam album saya. Saya rasa lagu-lagu di Femme Fatale sangat terhubung dari awal sampai akhir.

Apa yang membuat Anda sangat nyaman kerjasama dengan Max Martin? Seberapa besar perannya dalam album ini dibanding Circus?
Max sangat berperan besar dalam album ini dan dia bekerja dari awal rekaman,  kepercayaannya sangat besar. Dia cepat menangkap apa  yang saya inginkan dan katakan dalam rekaman. Dia membuat melodi yang luar biasa dan selalu menciptakan lagu-lagu yang aneh. Peluit di lagu “I Wanna Go” sangat menarik dan siapa  yang akan berpikir menggunakannya? Tak ada yang lebih nyaman dibanding kerjasama dengan Max.

Karakter apa yang cocok antara Max & Dr. Luke?
Mereka seperti kacang didalam i-pod. Pria yang romantis.

No comments:

Post a Comment